Minggu, 20 November 2016

Perpisahan


ia yang memahami perpisahan, akan mengetahui sebenar pertemuan
Bagaimana rasanya saat kita berpisah dengan orang yang kita cintai? Hanya kita saja yang tahu rasa perih itu. Berpisah adalah kata yang menyimpan pahit dan membuat sesak dada; siapa yang ingin terpisah dengan seseorang yang kita sayangi?

Dari hal ini, kita berusaha mengetahui tentang arti perpisahan yang sesungguhnya.

Berpisah adalah makna kata, bahwa aku dan kamu tidak akan selamanya berdua, bertiga maupun beramai-ramai. Ada saat dimana, aku dan kamu memiliki waktu untuk pergi, bahkan ketika tidak ingin, kita akan di paksa pergi.

Perpisahan sejatinya merupakan sekat yang memisahkan antara satu dengan lainnya. Berpisah, artinya aku dan kamu tidak lagi bersama.

Perpisahan akan selalu terjadi dalam setiap episode kehidupan, bersamaan dengan  hilangnya keping kenangan. Namun, ia yang memahami perpisahan tidak akan menangis sejadi-jadinya, ia akan berserah-pasrah, bahwa semua akan kembali padaNya.

Perpisahan, bukanlah saat aku dan kamu berada di tempat berlainan, alam berbeda ataupun semisalnya. Tetapi, perpisahan adalah saat kita tidak dapat memasuki Syurga bersama-sama. Kita tidak bertemu di akhir pertemuan.

Inilah, inilah perpisahan yang sebenarnya.


اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Ya Allah, Sesungguhnya aku mohon kepadaMu, agar dimasukkan ke Surga dan aku berlindung kepadaMu dari Neraka. (HR. Abu Dawud)

Bagikan

Tulisan Lainnya

Perpisahan
4/ 5
Oleh

Tinggalkan kesan.