Senin, 31 Oktober 2016

Membaur tapi tidak Melebur


Saya ingin sedikit bercerita, terkadang memang pelajaran berharga itu bisa datang dari siapapun dan kapanpun.

Siang itu, saat saya mengikuti perkuliahan Jakarta Islamic Center Broadcast School, ada satu kalimat yang di ucapkan oleh narasumber, Bang Yasir Neneama, beliau adalah News Anchor di salahsatu TV swasta Indonesia yang ternyata lulusan Ilmu Gizi. Benar, ternyata passion itu mengalahkan segalanya, hehe.

                Beliau berkata saat menjabarkan materinya, “membaur tetapi jangan melebur” begitulah ucapnya. Satu kalimat yang menyimpan banyak makna. Dan belakangan saya tahu setelah berbincang dengannya, kalau bang Yasir ini anak LDK IPB, sering turun kejalan menyuarakan aspirasi rakyat, ikut liqo’at dan kajian mingguan lainnya. Pantas saja.

                Kembali pada kalimat yang ingin saya ceritakan yaitu, “membaur tapi tidak melebur” ada pelajaran dalam kalimat tersebut tentang sebagaimana baiknya kita bergaul, ada prinsip-prinsip yang tidak boleh dilanggar saat kita ikut kumpul bersama teman-teman dalam konotasi yang tidak baik.

Meski teman kita mungkin bertingkahlaku jauh dari baik, tidak semestinya kita meninggalkan begitu saja hanya karena ia tidak baik. Dekati saja, membaurlah, tetapi perlu di ingat kita tidak boleh ikut melebur bersama pergaulan yang kurang baik. Bila perlu ia yang harus melebur bersama kita dalam kebaikan yang berusaha kita sampaikan.

                Teman yang mungkin kita anggap tidak baik, bisa jadi ia menjadi penolong di akhirat sebab kita bersama-sama dalam menuju kebaikan. Membaur dengan siapapun bukan berarti kita bebas berteman dengan siapa saja tanpa ada pembatas ya, membaur dengan siapapun tetap perlu penjagaan dan tidak lepas dari aturan syariat agar tetap berada di dalam ridhaNya, ini yang penting.

Berbaurlah dengan siapapun untuk mendapatkan ilmu, namun perlu di ingat perhatikan pula batasannya dalam syariat agar kita selamat.


Bagikan

Tulisan Lainnya

Membaur tapi tidak Melebur
4/ 5
Oleh

Tinggalkan kesan.